Minggu, 11 November 2012

Software Development Live Cycle (SDLC)


M. Shalahuddin dalam bukunya Rekayasa Perangkat Lunak (2011:24) :
SDLC atau Software Development Life Cycle atau sering disebut juga System Development Life Cycle adalah proses pengembangan atau mengubah suatu sistem perangkat lunak dengan menggunakan model-model dan metodologi yang digunakan orang untuk mengembangkan sistem-sistem perangkat lunak sebelumnya (berdasarkan best practice atau cara-cara yang sudah teruji baik).
Tahapan-tahapan yang ada pada SDLC secara global adalah sebagai berikut (Shalahuddin, 2011:24) :

1                    Inisiasi, ditandai dengan pembuatan proposal proyek perangkat lunak.
2                    Pengembangan konsep sistem, mendefinisikan lingkup konsep termasuk dokumen lingkup sistem, analisis manfaat biaya, manajemen rencana, dan pembelajaran kemudahan sistem.
3                    Perencanaan, mengembangkan rencana manajemen proyek dan dokumen perencanaan lainnya.
4                    Analisis kebutuhan, menganalisis kebutuhan pemakai sistem perangkat lunak user dan mengembangkan kebutuhan user.
5                    Desain, mentrasnformasikan kebutuhan detail menjadi kebutuhan yang sudah lengkap, dokumen desain sistem fokus pada bagaimana dapat memenuhi fungsi-fungsi yang dibutuhkan.
6                    Pengembangan, mengkonversi desain ke sistem informasi yang lengkap termasuk bagaimana memperoleh dan melakukan instalasi lingkungan sistem yang dibutuhkan.
7                    Integrasi dan pengujian, mendemonstrasikan sistem perangkat lunak bahwa telah memenuhi kebutuhan yang dispesifikasikan pada dokumen kebutuhan fungsional.
8                    Implementasi, pada persiapannya, implementasi perangkat lunak pada lingkungan produksi (lingkungan pada user) dan menjalankan resolusi dari permasalahan yang teridentifikasi dari fase integrasi dan pengujian.
9                    Operasi dan pemeliharaan, mendeskripsikan pekerjaan untuk mengoperasikan dan memelihara sistem informasi pada lingkungan produksi (lingkungan pada user), termasuk implementasi akhir dan masuk pada proses peninjauan.
10                Disposisi, mendeskripsikan aktifitas akhir dari pengembangan sistem dan membangun data yang sebenarnya sesuai dengan aktifitas user.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WELCOM TO DEDEZIBER.BLOGSPOT.COM